7 manfaat fitnes untuk kondisi kesehatan Anda

Manfaat fitnes tidak hanya untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal. Olahraga ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, baik secara fisik maupun mental.

Fitnes umumnya dilakukan di gym atau pusat fitnes dan menggunakan berbagai jenis peralatan olahraga, seperti dumbel dan mesin dayung. Biasanya, orang melakukan fitnes untuk menurunkan berat badan. Padahal, masih banyak manfaat fitnes lainnya yang bisa didapatkan jika dilakukan secara rutin.

7 Manfaat Fitnes untuk Kesehatan 

Berbagai Manfaat Fitnes untuk Kesehatan Tubuh

Fitnes bisa dilakukan pada pagi, siang, sore, atau malam hari. Yang terpenting, sebisa mungkin hindari melakukan fitnes menjelang waktu tidur.

Untuk pemula, idealnya fitnes perlu dilakukan 150 menit per minggu secara rutin. Jika dilakukan dengan benar, rutin, dan konsisten, berikut ini adalah manfaat fitnes yang bisa didapatkan:

Menjaga kesehatan tulang dan otot

Berbagai gerakan dalam fitnes, seperti angkat beban atau latihan ketahanan, dapat menjaga kekuatan tulang dan merangsang pembentukan otot, apalagi jika dibarengi dengan asupan protein yang cukup.

Hal ini karena tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat meningkatkan kemampuan otot menyerap asam amino saat berolahraga. Asam amino merupakan nutrisi yang berperan dalam proses pertumbuhan dan pembentukan otot.

Meningkatkan energi tubuh

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa fitnes merupakan aktivitas yang melelahkan. Faktanya, yang terjadi adalah sebaliknya. Saat tubuh bergerak lebih banyak, jantung akan memompa lebih banyak darah dan memberikan lebih banyak oksigen ke otot-otot yang bekerja.

Seiring waktu, jantung dan otot akan bekerja lebih efisien dan tubuh akan menjadi lebih energik dari sebelumnya. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga secara rutin dapat meningkatkan energi, terutama bagi mereka yang sering merasa lelah dan lemas.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat fitnes secara teratur juga bisa membuat kulit lebih sehat. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran oksigen dan darah sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, produksi kolagen juga akan meningkat sehingga kulit terasa kencang dan terlihat lebih segar setelah berolahraga.

Mencapai berat badan ideal

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa salah satu penyebab obesitas adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga seperti fitnes dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak kalori. Hal ini tentunya berdampak pada penurunan berat badan.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat memaksimalkan pembakaran lemak dari dalam tubuh dan menjaga massa otot. Dengan demikian, berat badan akan tetap terjaga.

Cegah depresi

Manfaat fitnes tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. Hal ini karena saat berolahraga, hormon serotonin di otak akan meningkat. Hormon serotonin adalah hormon yang mengatur suasana hati, termasuk mencegah depresi.

Kebugaran secara teratur juga dapat meningkatkan produksi endorfin yang membantu Anda merasa lebih bahagia dan mengurangi rasa sakit. Dengan demikian, Anda juga bisa terhindar dari kecemasan dan stres.

Mengurangi risiko berbagai penyakit

Aktivitas fisik seperti fitnes yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2.

Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker, seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini dikarenakan kenaikan suhu saat berolahraga dapat memicu tubuh memproduksi senyawa kimia yang dapat meningkatkan keinginan untuk tidur di malam hari.

Manfaat tersebut tentunya baik untuk Anda yang sulit tidur atau lansia yang sering mengalami gangguan tidur.

Berbagai Pilihan Olahraga Kebugaran

Olahraga fitnes umumnya dilakukan di gym atau pusat fitnes. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia untuk memaksimalkan manfaat fitnes yang bisa kamu dapatkan. Misalnya dengan mencoba angkat beban atau mengikuti berbagai kelas olahraga, seperti kelas yoga dan pilates yang dilakukan bersama instruktur.

Namun, olahraga fitnes juga bisa dilakukan di rumah. Berikut ini berbagai pilihan olahraga fitnes yang bisa Anda lakukan:

Aerobik

Berlari di atas treadmill

Sepeda statis

Berenang

Mengangkat beban ringan


Penulis : Admin Biro Kesehatan Kota

Comments

Popular Posts